PS5 ProSpesifikasi Dari Konsol Game PS5 Yang Akan Segera Diluncurkan Sony

ircicaarchdata.org – Seiring berjalannya waktu, teknologi gaming terus berkembang pesat, baik itu spesifikasi yang semakin meningkat, pembaruan desain, maupun gameplay. Sony dengan konsol game andalannya, PlayStation, tak luput dari penerapan teknologi terkini. PlayStation 5 atau PS5 merupakan generasi baru dari brand Jepang.

Meski diluncurkan pada tahun 2020, Sony tak ingin para pesaingnya ketinggalan. Nah, di tahun 2024 ini Sony berencana memperkenalkan update terbaru dari konsol game besutannya, yakni PS5 Pro. Mengikuti jejak PS4 generasi sebelumnya, Sony akan merilis update baru mirip PS4 yaitu PS5 Pro. PS5 Pro diharapkan dapat bersaing dengan game-game PC yang selama beberapa waktu berhasil merebut popularitas konsol game karena performa yang ditawarkannya, serta kualitas grafisnya yang kompetitif.

Selain itu, karena GTA VI akan kembali hadir dengan update terbaru, Sony memanfaatkan game ini untuk menawarkan sesuatu yang istimewa kepada konsumen ketika konsol barunya diluncurkan pada akhir tahun 2024. Ternyata bocoran spesifikasi PS5 Pro bukan untuk gaming. Dari berbagai sumber internet dan review komunitas penggemar PlayStation, PS5 Pro akan hadir dengan Viola dan TSMC N4P dan GFX1115 yang populer. Prosesor Viola mempertahankan arsitektur Zen 2 yang terdapat di PS5 untuk tujuan kompatibilitas.

Namun frekuensinya akan lebih kuat lagi di maksimal 4,4 GHz. Cache L1 64 KB per inti, cache L2 512 KB per inti, dan cache L3 bersama 8 MB (4 MB per CCX). GPU memiliki 30 WGP saat diaktifkan sepenuhnya, tetapi hanya memiliki 28 WGP (56 CU) untuk silikon di unit ritel PS5 Pro. Selain itu, Trinitas dianggap sebagai puncak dari tiga teknologi dasar. Penyimpanan cepat (kompresi dan dekompresi perangkat keras cepat, teknologi ex-PS5), penelusuran sinar yang lebih cepat, dan peningkatan terbaru hadir di PS5 Pro.

Selain itu, PS5 Pro juga akan menggunakan 3584 shader, 224 TMU, dan 96 ROP. Bus memori GDDR6 256-bit 18 GB/s dengan bandwidth memori 576 GB/s juga mendukung kinerja PS5 Pro. Sony fokus untuk mendorong frekuensi GPU PS5 Pro hingga 2,0 GHz. Hal ini menempatkan TFLOP dua kata sekitar 28,67 TFLOP (224 TMU). Peningkatan rasterisasi sebesar 50-60% dibandingkan dengan Oberon dan Oberon Plus, atau dua kali lipat kinerja RT mentah, juga tersedia di PS5 Pro.

Perhatikan bahwa NPU XDNA 2 akan ditampilkan dengan tujuan untuk meningkatkan sistem optimasi pembelajaran mesin sementara yang dikembangkan oleh Sony. Tujuannya ditingkatkan, output 4K untuk sementara stabil di lebih dari 30 FPS. Kabar terbarunya, kita belum mengetahui secara pasti kapan PS5 Pro akan dirilis. Namun mengingat kebiasaan Sony yang selalu mengembangkan produknya setiap akhir tahun, sepertinya PS5 Pro akan meluncur kemungkinan pada September 2024. Kita tunggu saja kabar terbarunya nanti.

By admin

Related Post