Motherboard MSI MAG Z790 Tomahawk Max WiFiSpesifikasi Motherboard MSI MAG Z790 Tomahawk Max WiFi Yang Diperkenalkan Ke Publik

ircicaarchdata.org – Chipset Z790 sendiri diperkenalkan bersamaan dengan hadirnya prosesor Intel Core generasi ke-13, namun mereka mengumumkan bahwa dengan update yang dirilis, chipset ini juga dapat berjalan di motherboard untuk prosesor Intel Core generasi ke-14.

MSI MAG Z790 Tomahawk Max WiFi adalah salah satu opsi di pasar bagi pembuat PC yang mempertimbangkan untuk meningkatkan ke Intel Core Generasi ke-13 atau langsung ke Intel Core Generasi ke-14. Motherboard MSI MAG Z790 Tomahawk Max WiFi menampilkan warna monokrom yang didominasi tombol spasi hitam dan hijau. Tampilannya tidak bagus tapi menarik bagi pembuat PC yang tidak ingin bagian ini menonjol dari yang lain. MSI MAG Z790 Tomahawk Max WiFi dikatakan dibuat dengan PCB server-grade dan menampung VRM sebesar 16.

Motherboard ini hadir dengan soket tipe Intel LGA 1700, sehingga bisa digunakan untuk prosesor Intel Core generasi ke-12, jadi motherboard ini bisa menjadi investasi PC jangka panjang. Dibekali chipset Intel Z790, MSI MAG Z790 Tomahawk Max WiFi menghadirkan banyak fitur terkini untuk mendukung prosesor Intel Core generasi ke-14. Keempat slot DDR5 UDIMM yang tersedia mampu menampung kapasitas maksimal 192 GB dan clock speed hingga 7800 MHz dari mode OC, belum lagi dukungan Intel XMP 3.0 OC.

Tersedia slot PCI 5.0 x16 untuk kartu grafis yang menggunakan pelindung logam untuk mencegah bengkok akibat penggunaan kartu grafis yang ukurannya paling besar. Sayangnya, mekanisme eject di sini masih digunakan untuk mengeluarkan kartu grafis yang terpasang dari slotnya. Pada sektor penyimpanan terdapat empat slot M.2, slot utama PCIe 5.0 x4 mendukung pengoperasian tanpa perangkat. Penutupnya menggunakan sistem pengait dan magnet, sedangkan kunci M.2 menggunakan sistem yang rumit. Untuk keperluan konfigurasi, disediakan juga fungsi berupa tombol Flash BIOS dan Clear CMOS di bagian belakang panel I/O.

Juga di atas motherboard terdapat LED debug yang memudahkan untuk memeriksa indikator masalah yang muncul saat startup. Port I/O MSI MAG Z790 Tomahawk Max WiFi sudah lengkap. Soal konektivitas, motherboard ini mendukung konektivitas WiFI 7 sehingga spesifikasi dan fitur yang diberikan mengikuti standar terkini. Kami menguji MSI MAG Z790 Tomahawk Max WiFi menggunakan prosesor dan perlengkapan Intel Core i9-14900K sesuai grafik benchmark ircicaarchdata.org. Pengujian dilakukan dengan software benchmark dan benchmark game. Resolusi grafis yang digunakan adalah 1920x1080p

Sistem operasi Windows 11 digunakan untuk pengujian. Pada pengujian pertama digunakan alat benchmark yaitu PCMark, 3DMark dan Cinebench R32. Tes PCMark 10 Modern Office mencetak skor keseluruhan 13.779. Tes selanjutnya di 3DMark Time Spy, disini kami mendapat skor 10.546 poin. Pengujian lain yang dilakukan adalah pada benchmark Cinebench R23. MSI MAG Z790 Tomahawk Max WiFi dengan Intel Core i9-14900K berhasil mendapatkan 37.394 poin pada multi-core dan 2.290 poin pada single core. Skor benchmark keduanya sangat tinggi. Pengujian selanjutnya adalah in-game benchmark untuk melihat performa saat bermain game menggunakan benchmark ircicaarchdata.org. Menurut informasi yang ditampilkan, skor in-game pada grafis Assassin’s Creed Mirage Ultra berhasil mencapai rata-rata atau rate rata-rata permainan saat berjalan pada 108fps. Benchmark dalam game Cyberpunk 2077 pada grafis Ultra berhasil mencatatkan frame rate sebesar 112fps.

By admin